KARYA ILMIAH

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Tanaman herbal sudah sering terdengar di kalangan masyarakat Indonesia. Pasti sebagian besar masyarakat sudah tahu manfaat dari tanaman herbal tersebut. Sebenarnya banyak manfaat dari tanaman herbal ini, diantaranya dapat menyembuhkan penyakit asam urat, mencegah kanker, gangguan pencernaan, menurunkan tekanan darah dan lain-lain.

Selain sebagai pengobatan tanaman herbal juga mempunyai manfaat lainnya yaitu sebagai bumbu masakan. Biasanya olahan tanaman herbal banyak digunakan pada masakan Eropa dan sebagian negara Asia. Selain melezatkan makanan tanaman herbal juga membuat makanan menjadi istimewa. Namun informasi mengenai jenis-jenis olahan tanaman herbal masih jarang diketahui oleh masyarakat.

Melihat hal tersebut, maka dibutuhkan suatu cara untuk memberikan sarana informasi tanaman herbal yang dapat diakses dengan mudah namun sangat bermanfaat bagi masyarakat. Oleh sebab itu pada penulisan ini dibuat website yang berjudul ‘Pembuatan website tanaman herbal untuk kesehatan‘ dengan tujuan agar masyarakat Indonesia dapat mengetahui pengolahan dan manfaat dari tanaman herbal. Website dalam penulisan ilmiah ini akan dibuat menggunakan Notepad ++, PHP dan MySql.

 

 

1.2  BATASAN MASALAH

Dalam penulisan ilmiah ini, akan dibuat website ‘website tanaman herbal untuk kesehatan’ yang berisikan informasi tentang manfaat tanaman herbal yang bisa diolah menjadi obat dan bahan makanan.

 

1.3  TUJUAN PENULISAN

Tujuan penulisan ilmiah ini adalah membuat website yang dapat membantu masyarakat Indonesia untuk mengetahui semua informasi tentang pengolahan dan manfaat dari tanaman herbal dengan menggunakan media internet. Dengan kemudahan tersebut diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat memaksimalkan manfaaat dari tanaman herbal.

 

 

1.4  METODE PENULISAN

Metode penulisan dalam penulisan ilmiah ini dengan cara melakukan studi pustaka, yaitu dengan cara mencari dan membaca buku-buku yang berhubungan dengan pembuatan penulisan ilmiah ini. Serta sumber-sumber lain seperti bahan-bahan dari internet yang ada kaitannya dengan hal yang dibahas.

1.5  SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan terdiri dari empat bab yang bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan penulisan , memahami isi , dan merangkai data yang telah diperoleh sehingga penulisan ilmiah ini dapat disajikan dengan baik dan benar. Penulisan ilmiah ini dibagi dalam bab-bab sebagai berikut :

 

BAB I

PENDAHULUAN

Pendahuluan menjelaskan latar belakang yang mendasari pembuatan penulisan, lalu disertai batasan masalah, tujuan dari penulisan, metode penelitian serta sistematika penulisannya.

 

BAB II

LANDASAN TEORI

Berisi membahas teori-teori dan software yang digunakan adalah Bahasa Pemrograman PHP, CSS, MySQL, Jquery, Notepad ++ dan XAMPP win32-1.8.1.

 

BAB III

ANALISA DAN PEMBAHASAN

 

Menjelaskan cara pembuatan website dengan PHP, CSS dan MYSQL, Perencanaan desain web dengan sketsa atau prototype, tahap pembuatan dan tahap uji coba website secara online.

 

 

BAB IV

PENUTUP

Memberikan kesimpulan yang diperoleh dari Penulisan Ilmiah yang disusun dan juga saran-saran dari penulisan yang sesuai dengan materi yang dibahas.

 

 

Struktur Navigasi

Struktur Navigasi adalah struktur atau alur dari suatu program. Bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia ada empat macam, yaitu struktur navigasi linier, hirarki, non linier dan campuran.

Struktur Navigasi Linier

Struktur Navigasi Linier merupakan struktur yang mempunyai suatu rangkaian cerita berurutan. Struktur ini menampilkan satu demi satu tampilan layer secara secara berurutan menurut aturannya. Tampilan yang dapat ditampilkan pada jenis ini adalah satu halaman sebelumnya atau halamn sesudahnya dan tidak dapat menampilkan dua halaman sebelum atau sesudahnya.

 

Struktur Navigasi Hirarki

Struktur Navigasi Hirarki disebut juga struktur navigasi bercabang, yaitu merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data atau gambar pada layer dengan criteria tertentu. Tampilan pada menu utama disebut master page (halaman utama satu), halaman percabangan yang disebut slave page (halaman pendukung), yang terpenting dari struktur ini adalah tidak diperkenankan adanya tampilan secara linier.

 

 Struktur Navigasi Non Linier

Struktur Navigasi Non Linier (tidak terurut) merupakan pengembangan dari struktur navigasi linier. Percabangan pada struktur non linier berbeda dengan percabangan pada struktur non linier berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki. Pada struktur ini kedudukan semua page sama, sehingga tidak di kenal adanya master atau slave page.

 

Struktur Navigasi Campuran

Struktur Navigasi Campuran (composite) merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan disebut juga struktur navigasi bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan, maka dibuat percabangan. Struktur ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia, seperti pada gambar 2.4.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s