TRIP TO KARIMUN JAWA

KELAS : 3KA17

NPM : 17111574

PERJALANAN KE KARIMUN JAWA

Nama saya Yordhi Satria mahasiswa semester 5 di Universitas Gunadarma. Saya ingin menceritakan perjalanan saya bersama teman-teman dekat ke pulau karimun jawa yang terletak di Jepara. Pada liburan semester lalu saya dengan teman-teman merencakan liburan untuk menghilangkan stres dan penat setelah menghadapi perkuliahan semester lalu. Setelah packing dan pesan tiket kereta tujuan semarang kami berangkat pada hari rabu dari stasiun Bogor menuju stasiun Senen. Sesampainya di stasiun Senen kami sarapan dulu untuk mengisi perut karena akan menghadapi perjalanan jauh menuju semarang,setelah makan saya dengan teman-teman mengantri untuk pengecekan tiket dan KTP agar bisa masuk ke dalam kereta.

LINE_1381919563649Foto saya dengan teman-teman saat di Stasiun Senen

Pada pukul 07.30 WIB kereta pun berangkat menuju stasiun Tawang yang berada di Semarang. Selama di kereta kita ngobrol-ngobrol santai sambil menikmati perjalanan. Fasilitas kereta yang bagus membuat perjalanan semakin nyaman, kamar mandi kereta juga bersih dan nyaman untuk di pakai. Selain itu kita dapat pesan berbagai makanan dan minuman kepada petugas kereta yang keliling seperti nasi goreng,mie goreng,pop mie,es teh manis,es jeruk dan lain lain.Tidak terasa perjalanan jauh yang kita tempuh telah berakhir, saya dan teman-teman akhirnya tiba di Stasiun Tawang yang terletak di Semarang. Setelah menglewati proses pengecekan tiket dan menyiapkan barang bawaan kami segera keluar dari stasiun tersebut untuk mencari hotel untuk di jadikan persinggahan semalam di Semarang. Dengan bermodalkan kaki kami jalan nyusuri daerah stasiun semarang untuk mencari hotel.

Waktu sudah berjalan sekitar 1 jam , tetapi kami belum kunjung menemukan hotel yang cocok untuk di singgahi. Untungnya teman saya yang bernama Nando mempunyi sodara yang tinggal di Semarang, sehingga kita mendapatkan informasi hotel yang murah dan lumayan fasilitasnya. Hotel tersebut terletak tidak jauh dari stasiun. Setelah mengurus biaya administrasi hotel dan lain lain kami bergegas ke kamar untuk istirahat. Malam hari pun tiba, perut saya sudah terasa lapar. Saya dan teman-teman menyewa becak, kita berjalan-jalan menyusuri kota Semarang. Menikmati suasana malam kota Semarang sambil mencari makan malam. Sesampainya di alun-alun kota kami berjalan di emperan yang menjadi pusat makanan disana. Melihat tahu gimbal makanan khas semarang membuat saya penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk makan tahu gimbal.

LINE_1381919541277

Tahu Gimbal Spesial makanan Khas semarang

Tahu Gimbal adalah makanan khas Kota Semarang. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Beda dengan saus kacang untuk pecel Madiun yang agak kental. Saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer. Adapun yang khas dari tahu gimbal adalah gimbal itu sendiri. Gimbal adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang. Gimbal digoreng garing dengan perpaduan rasa yang pas antara gurih, manis dan pedas. Sama seperti tahu atau lontong,dipotong-potong kecil-kecil dengan gunting khusus.Di kota Semarang banyak sekali penjual tahu gimbal kalau malam di sepanjang Jalan Pahlawan, sekitar Taman KB, dan depan Masjid Baiturrahman Semarang. Harga seporsi untuk tahu gimbal lengkap sekitar Rp10.000.

Setelah selesai menyantap tahu gimbal yang enak sekali, kita melanjutkan wisata malam disekitar alun-alun Kota Semarang. Teman saya yang bernama gifar atau akrab di sapa Jhoni mengusulkan untuk mengunjungi bangunan tua yang bernama Lawang Sewu yang mitosnya bangunan tersebut ‘horor’. Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda, pada 27 Februari 1904. Awalnya bangunan tersebut didirikan untuk digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta NIS. Sebelumnya kegiatan administrasi perkantoran NIS dilakukan di Stasiun Samarang NIS. Namun pertumbuhan jaringan perkeretaapian yang cukup pesat, dengan sendirinya membutuhkan penambahan jumlah personel teknis dan bagian administrasi yang tidak sedikit seiring dengan meningkatnya aktivitas perkantoran. Salah satu akibatnya kantor pengelola di Stasiun Samarang NIS menjadi tidak lagi memadai. NIS pun menyewa beberapa bangunan milik perseorangan sebagai jalan keluar sementara. Namun hal tersebut dirasa tidak efisien. Belum lagi dengan keberadaan lokasi Stasiun Samarang NIS yang terletak di kawasan rawa-rawa hingga urusan sanitasi dan kesehatan pun menjadi pertimbangan penting. Kemudian diputuskan untuk membangun kantor administrasi di lokasi baru. Pilihan jatuh ke lahan yang pada masa itu berada di pinggir kota berdekatan dengan kediaman Residen. Letaknya di ujung Bodjongweg Semarang (sekarang Jalan Pemuda), di sudut pertemuan Bodjongweg dan Samarang naar Kendalweg (jalan raya menuju Kendal). NIS mempercayakan rancangan gedung kantor pusat NIS di Semarang kepada Prof. Jacob F. Klinkhamer (TH Delft) dan B.J. Ouendag, arsitek yang berdomisili di Amsterdam. Seluruh proses perancangan dilakukan di Negeri Belanda, baru kemudian gambar-gambar dibawa ke kota Semarang. Melihat dari cetak biru Lawang Sewu tertulis bahwa site plan dan denah bangunan ini telah digambar di Amsterdam pada tahun 1903. Begitu pula kelengkapan gambar kerjanya dibuat dan ditandatangi di Amsterdam tahun 1903.

105845_lawang5 Foto bangunan Lawang Sewu pada malam hari

Setelah melihat keindahan dan kemistisan bangunan Lawang Sewu kita pun bergegas untuk kembali ke hotel untuk istirahat karena badan pun mulai merasa lelah , kami pun perlu menyiapkan energi untuk besok melanjukan perjalanan kami ke pulau Karimun Jawa yang tepatnya terletak di Jepara.Sinar matahari pun mulai muncul dan membangunkan kami yang tidur terlelap karena cape semalaman mengitari kota Semarang. Satu per satu kami mandi dan packing barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal. Setelah sarapan pagi kita pun bergegas mencari bus tujuan Jepara,tetapi ada bapak-bapak yang menawarkan jasa tumpangan sebuah mobil carry dengan harga murah dapat membawa kita semua ke Jepara. Tanpa pikir panjang kami pun setuju dengan tawaran bapak tersebut. Setelah proses negosiasi harga, kami pun lekas berangkat ke pelabuhan kartini. Setelah sekitar 2 jam menempuh waktu, akhirnya kami pun sampai di pelabuhan kartini dengan perasaan yang sangat senang karena selangkah lagi kita sampai di pulau Karimun Jawa. Ada beberapa ‘calo’ yang menawarkan tiket dengan cepat,karena antrian pada loket sangat penuh oleh pengunjung dari mancanegara maupun dalam negeri. Setelah membeli tiket kami pun menunggu waktu keberangkatan kapal,sambil mengisi waktu luang kita ngobrol-ngobrol dengan pengunjung lain. Petugas pun mengumumkan bahwa kapal akan segera berangkat , kami pun lekas masuk ke dalam kapal. Karena ingin menikmati liburan dengan maksimal, saya dan teman-teman membeli tiket kapal feri kelas VIP dengan fasilitas yang sangat nyaman. Perjalanan selama 6 jam pun tidak terasa akhirnya kita sampai di pulau Karimun Jawa.Sesampainya pulau Karimun Jawa pada siang menuju sore hari , perut pun sudah mulai terasa lapar kembali. Akhirnya kita memutuskan untuk mencari tempat makan dengan berjalan kaki sambil menikmati pulau Karimun Jawa. Setelah makan kita mencari homestay untuk di jadikan persinggahan karena matahari pun sudah mulai terbenam,adzan magrib pun menggema. Kita pun mendapatkan tempat homestay untuk di jadikan tempat peristirahatan tidak jauh dari alun-alun Karimun Jawa. Keesokan harinya saya dan teman-teman saya bersiap untuk melakukan Trip barat pulau Karimun Jawa. Tour guide yang kami sewa menyiapkan segala peralatan snorkeling dan ikan-ikan segar untuk makan siang nanti di pulau. Dengan menggunakan kapal sedang kami ber 7 pun memulai perjalanan mengelilingi pulau Karimun Jawa.

LINE_1381919588807 (Foto saya bersama Nando)

Tour guide mengantar kita ke spot snorkeling yang bagus disini, dengan penuh semangat saya dan teman-teman langsung nyebur ke laut untuk melihat keindahan terumbu karang yang berada di karimun jawa.

LINE_1381919599338Foto spot snorkeling di Karimun Jawa

Selain terumbu karangnya yang indah, ikan-ikan yang cantik pun banyak saya temui disini. Dengan bermodalkan nasi ditebarkan ikan-ikan langsung berkumpul menyerbu nasi yang saya kasih. Setelah puas snorkeling,rasa lapar pun mulai terasa. Tour guide segera menyalakan kapal dan kita diajak bersinggah di pulau cemara untuk makan siang dengan ikan-ikan segar yang sudah siapkan olehnya. Sambil menunggu ikan matang , kami berjalan-jalan mengitari pulau cemara untuk berfoto-foto mengabadikan keindahan alam yang sangat luar biasa.

LINE_1381919463826(Foto saya saat snorkeling)

LINE_1381919520138 (Foto saya saat di pulau Cemara)

Setelah kenyang makan siang dengan ikan segar yang sangat enak, kita akan melanjutkan perjalanan ke pulau pulau lainnya. Sepanjang perjalanan saya sangat senang sekali karena saya dapat berkunjung ke pulau Karimun Jawa,pemandangan yang indah dan juga suasana pantai membuat otak saya terasa terefresh kembali. Saya dan teman-teman juga mengunjungi penangkaran Hiu yang berada tidak jauh dari pulau Karimun Jawa.

LINE_1381919503936(Foto bersama hiu)

LINE_1381919479946(Foto bersama penyu)

LINE_1381919491732 (Foto bersama bintang laut)

Tidak terasa 3 hari pun terlewati, waktunya saya dengan teman-teman saya bersiap siap untuk pulang. Karena uang pun sudah mulai terbatas dan waktu liburan sudah mau habis,kita memutuskan untuk pulang kembali ke kota tercinta Bogor. Setelah membayar uang sewa homestay dan pamitan kepada pulau Karimun jawa juga seluruh penghuninya saya dan teman-teman kembali naik kapal feri menuju pelabuhan Kartini. Sesampainya dipelabuhan kartini kami menyewa becak untuk mengantarkan kami ke terminal bus yang berada di Jepara. Setelah membeli tiket kami pun naik bus tujuan bogor,tidak lupa berdoa agar perjalanan pulang kami berjalan lancar dan selamat sampai tujuan. Sekitar 12 jam menempuh waktu akhirnya saya dan teman-teman sampai di kota tercinta kota Bogor. Sekian cerita liburan saya bersama teman-teman dekat ke pulau Karimun Jawa.

Ada wawancara yang saya lakukan pada saat di Karimun Jawa untuk menanyakan seputar pulau Karimun Jawa.

Saya : pak apasih kelebihan pulau Karimun Jawa ?

Bapak Tour Guide : pulau karimun jawa itu terkenal dengan terumbu karangnya yang bagus dan masih sangat terjaga kelestariannya.

Saya : kalo di bandingkan dengan Bali pantainya lebih bagus mana pak?

Bapak Tour Guide : banyak wisatawan dari berbagai Negara bilang bahwa Karimun Jawa jauh lebih bagus dan bersih pantainya di bandingkan Bali.

Saya : benar juga pak, saya perhatikan pantainya pasirnya putih dan masih sangat bersih. Hampir tidak ada sampah yang terlihat disini.

Bapak Tour Guide : iya karena penduduk sini dan turis-turis pun ikut menjaga lingkungan agar tetap bersih. Sehingga kelestarian pantai dan terumbu karang pun terjaga.

Saya : apa kita boleh membawa atau mengambil terumbu karang yang ada disini pak?

Bapak Tour Guide : tentu saja tidak boleh karena itu melanggar hukum dan ada sanksinya apabila kita tertangkap mengambil terumbu karang yang ada disini. Tetapi disini ada banyak toko souvenir yang banyak menjual pernak pernik yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.

Saya : oh begitu ya pak.. terima kasih atas informasinya, lain waktu saya akan datang kembali ke Karimun Jawa.

Bapak Tour Guide : jangan kapok untuk main kembali kesini ya dek..

Saya : tentu saja tidak dong pak ! he he he…