Konsep Dasar Pemograman

KONSEP DASAR PEMROGRAMAN

Pengertian :
Algoritma : Langkah-langkah untuk menyelesaikan sesuatu masalah
Pemrograman Terstruktur : “Metode untuk mengorganisasikan dan membuat kode-kode program supaya mudah untuk dimengerti, mudah di test dan di modifikasi.”
Algoritma Pemrograman Yang Baik
Ciri-ciri algoritma pemrograman yang baik adalah :
  1. Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan masalah
  2. Menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu yang singkat
  3. Ditulis dengan bahasa yang standar secara sistematis dan rapi sehingga tidak menimbulkan arti ganda.
  4. Ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman.
  5. Semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas.
  6. Semua proses harus berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan.
Standar Suatu Program Yang Baik
A. Standar Pemecahan masalah
teknik untuk dapat membantu memecahkan masalah antara lain teknik Top Down dan teknik Modular.
B. Standar Penyusunan Program
1. Kebenaran logika dan penulisan
Program yang disusun harus memiliki logika dalam pemecahan masalah. Program yang dibuat harus memiliki ketepatan, ketelitian dan kebenaran sehingga menghasilkan program yang baik.
2. Waktu penulisan dan eksekusi program
3. Perawatan dan pengembangan program
Penyusunan program harus mempunyai sifat kesederhanaan dan kejelasan dari program yang nantinya akan dikembangkan dan membantu dalam perawatan.
4. Portabilitas
Bahasa pemrograman dan program yang disusun sebaiknya bisa dipakai pada berbagai tipe komputer yang berbeda-beda dan berbagai jenis sistem operasi.
Standar Perawatan Program
1. Dokumentasi
2. Penulisan Instruksi
a. Berikan keterangan untuk awal statement atau instruksi yang tergabung dalam sekelompok statement.
b. Awal dan akhir statement dari sekumpulan statement ditulis pada kolom yang sama.
c. Gunakan sebaris atau beberapa baris kosong sebagai pemisah.
d. Hindari pernyataan untuk Percabangan
(IF statement ) yang sangat rumit dan Nested Loop (Loop disalam Loop lain) yang berlebihan.
e. Gunakan “kurung buka dan tutup” dalam menulis suatu ekspresi Aritmatika atau logika.
f. Gunakan “Spasi” dalam menulis statement atau instruksi.
Sifat Penulisan Program
a. Program Oriented
Penulisan program yang struktur programnya selalu berubah, apabila kondisi data yang diproses di dalam program tersebut, bertambah volume datanya. Selain itu penulisan program ini bersifat statis dan tidak fleksibel (program animasi)
b. Data Oriented
Penulisan program yang struktur programnnya tidak selalu berubah, walaupun volume data yang diproses di dalam program tersebut, dalam jumlah besar. Selain itu pula penulisan program ini bersifat dinamis dan mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi.
Kualitas Bahasa Pemrograman
1. Ekspresifitas
Bahasa pemrograman yang baik harus jelas dalam menggambarkan algoritmanya yang dibuat.
2. Definitas (dapat didefinisikan dengan baik)
Bahasa Pemrograman dapat didefinisikan dari adanya sintak dan semantic baik. Sintak dan semantic ini haruslah konsisten dan tidak bermakna ganda.
3. Tipe data dan Strukturnya
Bahasa pemrograman yang baik harus berkemampuan dalam mendukung berbagai tipe data (integer, string,real). Serta struktur data (array, record,file)
4. Modularitas
Bahasa pemrograman yang baik harus memiliki fasilitas sub program. Program yang besar dapat dikerjakan oleh beberapa pemrogram secara bersama-sama yang nantinya dengan mudah dapat digabungkan menjadi sebuah modul saja.
5. Adanya Input Output
Bahasa pemrograman yang baik harus dapat mendukung berbagai jenis model file seperti sequential, random, index dsb dalam proses masukan dan keluaran.
6. Portabilitas
Bahasa pemrograman yang dapat digunakan pada berbagai tipe mesin computer yang berbeda-beda.
7. Efisiensi
Bahasa pemrograman yang dapat mengatur banyaknya instruksi program dalam membatasi waktu tempuh pemrosesan, mengatur jumlah memori yang digunakan program,.
8. Interaktif
Bahasa pemrograman yang baik harus mudah dipelajari dan diajarkan pada user. Serta dimengerti tentang proses yang sedang dilakukannya.
9. Umum
Bahasa pemrograman yangn baik harus memiliki jangkauan yang luas untuk berbagai aplikasi pemrograman sehingga dapat bersifat bahasa serbaguna.
  • DATA

Data adalah suatu informasi yang di olah dari bahan mentah sehingga  dapat dipergunakan oleh user atau pemakai. Data tersebut di bagi menjadi 4 bagian yang dapat di gunakan, berikut adalah tipe data yang dapat di gunakan oleh user:

  1. Tipe Data Dasar – Merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa pemrograman. Tipe data dasar juga di bagi menjadi 5 bagian, antara lain:

a. Tipe Data Numerik : Penyimpanan data berupa angka, berikut nama-nama nya:

  • Integer   : merupakan bilangan bulat positif dan negatif
  • Subrange  : merupakan sebuah subtype dari tipe data integer dan     terdiri dari urutan nilai-nilai integer dalam range yang     tebatas.
  • Floating-point Real   : biasa disingkat dan disebut tipe data riil.
  • Fixed-point Real  : Bilangan fixwd-pont direpresentasikan dengan urutan digit     yang mempunyai panjang tetap dengan titik desimal     diposisikan ditempat yang diberikan antara dua digit.
  • Lain-lain  : Tipe data lainnya adalah bilangan kompleks dan bilangan

b. Enumerasi  : adalah suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.

c. Boolean  : tipe data untuk merepresentasikan True atau False.

d. Character  : tipe data untuk menyimpan rangkaian karakter.

e. Internationalization : disebut I18N

2.  Tipe Data Terstruktur : merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe data dasar, contohnya array, record,                                                                       string, list dan file.

3.  Tipe Data Enumerasi

4.  Tipe Data Penunjuk : contoh tipe data penunjuk adalah pointer.

 

PRINSIP BAHASA PEMOGRAMAN

            a. Clarity, Simplicity dan Unity
Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi
yang membantu programer untuk membuat suatu desain.

b. Orthogonality
Orthogonality menunjuk kepada suatu atribut yang dapat
dikombinasikan.

c. Kewajaran untuk Aplikasi
Digunakan pada struktur program untuk merefleksikan struktur logika
yang melandasi suatu algoritma.

d. Mendukung Abstraksi
Abstraksi merupakan suatu solusi dari masalah yang dihadapi.
Kemudian abstraksi tersebut dapat dengan mudah diimplementasikan
menggunakan fitur-fitur yang ada dalam bahasa pemrograman.

e. Kemudahan untuk Verifikasi Program
Verifikasi program merupakan hal penting. Suatu program akan
dengan mudah dibangun dan dikembangkan.

f. Lingkungan Pemrograman
Lingkungan pemrograman yang baik dan lengkap akan memudahkan
programmer untuk mengimplementasikan abstraksi
yang sudah disusunnya.

g. Portabilitas Program
Salah satu kriteria penting untuk proyek pemrograman adalah
kemudahan program.

h. Biaya Penggunaan
Biaya merupakan elemen penting dalam mengevaluasi suatu bahasa
pemrograman.

Yang termasuk dalam biaya pengunaan antaralain :
1. Biaya eksekusi program
2. biaya translasi/kompilasi program
3. biaya penciptaan, testing dan penggunaan program
4.Biaya pemeliaharaan program

Model Komputasi

Terdapat tiga model dasar yaitu :

  1. Model Fungsional

Terdiri dari nilai, fungsi, dan operasi aplikasi fungsi serta komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi lain menjadi argumentasi ataupun mengembalikan sebagai hasil (higher-order function).

  1. Model Logika

Terdiri dari  nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi hubungan dan komputasi adalah suatu bukti (urutan kesimpulan).

  1. Model Imperatif

Terdiri dari nilai, mencakup keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan. Program terdiri dari urutan tugas dan suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan.

 

NPM     :  17111574

KELAS : 1KA22


One response to “Konsep Dasar Pemograman

  1. Ping balik: konsep bahasa permrograman « rithofanialreza

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s